7 Cara Mengatasi Android Sering Restart/Mati Sendiri

GreenSkid Berhasil! Mengatasi dan memperbaiki Smartphone Android yang sering restart sendiri. Berbagai problem akan timbul ketika Anda mulai mengetahui lebih jauh perihal kelebihan Android OS. Diantaranya ialah kita sanggup memasang aneka macam macam kategori aplikasi yang sanggup membantu bahkan mempermudah pekerjaan kita sehari-hari. Mulai dari aplikasi yang termasuk kedalam kategori produktifitas, fotografi, edukasi sampai aplikasi hiburan. Apapun produk Android yang Anda gunakan mulai dari Asus Zenfone, Advan, Oppo, Samsung Galaxy, Smartfren Andromax, Sony Xperia dan aneka macam produk lainnya pastinya akan dipenuhi dengan aplikasi tersebut.
Tidak cukup hanya dengan aplikasi, Andapun akan mulai melaksanakan root, kostumisasi tampilan sampai memainkan aneka macam jenis game yang menarik mulai dari game offline sampai game multi player yang dimainkan secara online eksklusif dari genggaman tangan. Mulailah permasalah akan timbul sesudah anda memasang aplikasi dan game tersebut yakni Tablet dan Smartphone Android tiba-tiba restart sendiri. Yang terang hal ini akan menciptakan kita kesal bukan? Lalu kenapa Android sering mati sendiri?

Mengatasi dan memperbaiki Smartphone Android yang sering restart sendiri 7 Cara Mengatasi Android Sering Restart/Mati Sendiri

Penyebab Android Sering Mati/Restart Sendiri

Ada aneka macam macam problem yang sanggup menjadikan Android sering reboot atau mati sendiri tanpa kita yang melakukannya. Namun sebagian besar problem ini akan muncul karena.

  1. Terjadinya error pada perangkat lunak itu sendiri. Android OS sanggup menemukan aneka macam macam error pada ketika mereka akan mengikuti perintah yang kita lakukan secara manual maupun oleh aplikasi yang bekerja pada latar. Perintah tersebut menunjukkan info yang salah sehingga menjadikan OS tidak mau berfungsi dengan baik yang pada akibatnya akan timbul keterangan menyerupai “Force Stop” dan titik puncaknya ialah Android berhenti berfungsi, tombol perintah pada layar tidak sanggup ditekan sampai me-reset sendiri.
  2. Terjadinya kerusakan dan kesalahan pada hardware. Sudah sangat terang jikalau ternyata hardware ialah akar permasalahannya, kita sanggup dengan gampang menentukan titik untuk memperbaikinya. Anda memasang aplikasi atau ROM yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan ketahanan yang dimiliki oleh Tablet dan Smartphone. Contoh lain jikalau Anda telah melaksanakan root dan memakai aplikasi Link2SD untuk mengatur semoga aplikasi maupuan game yang akan dipasang secara otomatis terinstall ke memori eksternal, maka dalam hal ini MicroSD anda telah terjadi kerusakan. Memori eksternal memilki class dimana jikalau class tersebut semakin tinggi, maka akan semakin besar lengan berkuasa pula untuk disync antara data yang tersimpan di MicroSD dan Smartphone yang menampilkannya.

Cara Mengatasi HP Android Sering Restart

  1. Cabut baterai dan memori eksternal. Sebelum anda melaksanakan hal yang lebih jauh, matikan kemudian cabut baterai dan microSD selama beberapa detik. Biarkan chipset tidak mendapatkan energi dari baterai kemudian pasangkan dan hidupkan kembali.
  2. Bersihkan cache atau data yang tersimpan. Pada ketika membuka aplikasi atau game apa hp Android sering restart? Buka Setting > Application > All kemudian cari aplikasi tersebut. Tap tombol “Clear cache” dan “Clear data”. Sebagai alternatif Andapun sanggup memasang aplikasi clean master untuk membersihkan cache yang ada di Android secara keseluruhan.
  3. Update aplikasi yang terpasang. Hal ini disebabkan oleh bugs dari aplikasi yang belum pernah diperbaharui. Buka aplikasi Google play store > My Apps > Installed kemudian tap Update.Tetapi jikalau ternyata Android sering mati sesudah aplikasi yang telah diperbaharui secara otomatis, maka hapus update dari aplikasi tersebut. Buka Setting > Application > All kemudian cari aplikasi yang telah diperbaharui terakhir tap “Remove update”.
  4. Hapus aplikasi tertentu. Sebagai contoh, aplikasi penghemat baterai mereka akan bekerja pada background dan mengambil beban RAM yang cukup besar lengan berkuasa lantaran jenis aplikasi ini terus akan terus memonitor OS.
  5. Ganti memori eksternal. Sebagai alternatif Anda sanggup melaksanakan format terhadap MicroSD yang biasa digunakan pada Tablet dan Smartphone tersebut atau bahkan menggantinya. Karena kartu memori eksternal yang telah rusak atau error sanggup menjadikan aneka macam problem terhadap Android.
  6. Lakukan Wipe Cache Partition. Kita selalu menginstal dan uninstall aneka macam jenis aplikasi atau game. Hal tersebut akan meninggalkan banyak cache atau file sementara yang telah rusak sehingga menjadikan Android kita bertingkah asing yakni sering restart sendiri. Untuk melaksanakan cara ini Anda harus masuk kedalam recovery mode. Sebagai pola berikut ini ialah cara masuk kedalam recovery mode Android dari Samsung. Namun hati-hati ketika ingin melaksanakan cara ini, pastikan data dan file telah di backup ke awan atau memori eksternal.
    • Matikan Hp atau Tablet Android.
    • Tekan kombinasi tombol Volume Up, Home dan Power secara bersamaan selama beberapa detik.
    • Setelah Android bergetar atau sudah muncul robot Android segera lepaskan tombol Power.
    • Setelah layar recovery mode muncul, lepaskan kedua tombol Volume Up dan Home.
    • Selanjutnya gunakan tombol Volume Down kemudian arahkan ke pilihan ‘Wipe cache partition.’
    • Setelah terpilih, tekan tombol Home.
    • Tablet atau Smartphone Android akan secara otomatis restart sesudah berhasil melaksanakan wiped out.
  7. Lakukan Hard Reset. Ikuti langkah pada nomor enam tetapi kita menentukan ‘wipe data / factory reset.’ Kemudian sesudah berhasil tap ‘Reboot system now.’

Baca juga :

Untuk melaksanakan cara keenam dan ketujuh, pastikan Anda mengetahui kombinasi tombol untuk masuk kedalam recovery mode lantaran setiap produk Android mempunyai cara yang berbeda. Itulah cara mengatasi Android sering restart sendiri dan semoga Smartphone dan Tablet yang Anda gunakan sanggup kembali bekerja dengan baik.