6 Penyebab Dan Cara Mengatasi Tidak Dapat Install Apk Di Android

GreenSkid Solusi dan penyebab gagal install apk di Android. Install aplikasi Android dengan memakai file apk merupakan salah salah satu alternatif yang sering dilakukan oleh para pengguna Smartphone dan Tablet Android. Alasannya dapat bermacam-macam, mulai dari untuk mencari versi dibawah versi terbaru, untuk memasang aplikasi yang tidak tersedia di play store, untuk menguji aplikasi yang gres dibentuk sendiri atau alasannya ialah selalu gagal install aplikasi dari play store. Ada banyak situs yang menyediakan file apk secara gratis dan disini saya akan berkesimpulan bahwa Anda telah mengunduh file apk yang diinginkan tetapi gagal dikala akan memasangnya.
Biasanya setiap kita gagal menginstall apk selalu muncul pesan yang berbeda-beda menyerupai “installer package error 919”, “Sorry, package installer has stopped unexpectedly”, “parse error” atau pesan “Unable to open file”.  Hal tersebut hanyalah beberapa teladan duduk kasus yang dihadapi pada dikala kita akan memasang aplikasi apk. Lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi gagal install apk di Andoid?

 Solusi dan penyebab gagal install apk di Android 6 Penyebab dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Install APK di Android

Penyebab Tidak Bisa Install Apk Di Smartphone dan Tablet Android

Apk ialah Android application package dimana jenis file dengan format ini hanya dapat dipasang dan dipakai pada hp, tablet dan emulator dengan sistem operasi Andoid Google. Namun bukan berarti sudah niscaya dapat terinstall di Andoid yang Anda gunakan alasannya ialah berikut ini ialah beberapa penyebab tidak dapat install apk.

  1. File apk tersebut tidak kompatibel dengan sistem operasi Andoid. Dalam artian, setiap aplikasi mempunyai versi yang ditandai dengan Versi 1.0, 2.0, atau 3.0. Begitu juga sebaliknya Android OS pun mempunyai tingkatan nama versi menyerupai Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat dan Lollipop.
  2. File Apk telah rusak. Hal ini dapat terjadi pada dikala proses download yang terhenti ditengah jalan kemudian dilanjutkan kembali. Atau file apk tersebut telah dimodifikasi dan pada dikala si pengembang melaksanakan recompile ada file yang tertinggal.
  3. File apk belum dilakukan Sign .apk. Sistem operasi Android tidak akan mau menginstall aplikasi yang tidak ditantangani serifikat secara digital. Hal ini juga untuk mengidentifikasi siapa penulis/pembuat aplikasi yang dapat dilihat dari akta tersebut.
  4. Aplikasi Google Play Service telah terhapus. Kita berhasil memasang aplikasi dari apk tetapi pada dikala aplikasi tersebut akan kita gunakan, ia selalu menutup sendiri atau force close alasannya ialah membutuhkan google play service. Biasanya hal ini akan sering terjadi terhadap aplikasi berbayar yang dipasang pada Android yang telah di root.
  5. Terlalu banyak cache didalam sistem dan belum dibersihkan. Cache dipakai untuk mempercepat sebuah aplikasi atau file terbuka lebih cepat tetapi aplikasi yang telah kita hapus pun meninggalkan cache. Hal ini akan menyulitkan aplikasi gres untuk mendapat ruang didalam sistem.
  6. Anda memasang aplikasi Screen Dimmer dan tidak menonaktifkannya pada dikala akan menginstall apk. Aplikasi ini berfungsi untuk mengatur kecerahan layar dan akan bekerja dengan tampilan overlay yang menutup seluruh fungsi layar sentuh. Beberapa aplikasi ini akan menambahkan fitur keamanan yang menyulitkan kita untuk melewati obrolan system menyerupai tidak dapat disentuhnya tombol Install dari file apk yang akan kita pasang.

Solusi dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Install APK

Tentu saja penyebab diatas masih kurang alasannya ialah masih banyak penyebab lain yang menjadi alasannya. Karena hal tersebut juga tergantung dari type Smartphone, Tablet atau Android OS itu sendiri. Tetapi simak cara mengatasi berikut ini.

  1. Hal yang paling utama ialah mengaktifkan fitur install apk. Caranya tap Settings > Security > kemudian centang ”Unknown sources“.
  2. Cari file apk dengan versi yang kompatibel dengan Android OS dari Tablet dan Smartphone Anda.
  3. Bersihkan cache. Gunakan aplikasi Clean Master untuk melakukannya.
  4. Nonaktifkan aplikasi Screen Dimmer atau pengatur kecerahan layar.
  5. Pasang aplikasi APK installer dari google play store. Aplikasi ini khusus untuk menginstall dan mengelola file apk.
  6. Reboot Smartphone dan Tablet.

Baca jga :

Itulah, beberapa penyebab dan cara mengatasi tidak dapat install apk di Android. Lakukan solusi tersebut dan supaya Tablet dan Smartphone Android Anda dapat kembali memasang aplikasi dari file apk.