5 Cara Cek Imei Hp Legal Atau Tidak

Inilah lima cara cek IMEI HP legal atau tidak. Setiap ponsel atau yang sering kita sebut  HP mempunyai nomor IMEI yang sanggup dipakai untuk mengidentifikasi perangkat itu sendiri. Menyusul keputusan pemerintah untuk mengekang distribusi HP di pasar gelap atau HP BM (Balck Market), Kementerian telah menciptakan basis data jumlah perangkat seluler internasional (IMEI) yang masuk ke Indonesia secara legal atau resmi.

Data tersebut, akan dipakai untuk memblokir semua HP BM yang beredar di Indonesia gengs.  Selain memberantas HP BM, pemblokiran ini juga sanggup memblokir HP curian gengs. Nah, kalau kau curiga HP yang kau gunakan yakni ilegal, sebelum diblokir lebih baik kau cek keresmian nomor IMEI HP kau gengs. Tidak tau cara mengeceknya ? hening ! kami telah membuar panduan lima cara cek IMEI HP legal atau tidak berikut ini.

 Inilah lima cara cek IMEI HP legal atau tidak 5 Cara Cek IMEI HP Legal Atau Tidak

Cara Cek IMEI HP Legal Atau Tidak

1. iPhone

Pertama kita akan bahas ihwal cara cek IMEI HP iPhone, apakah itu legal atau tidak. Untuk mengkonfirmasi status perangkat iphone mu, pertama-tama temukan nomor IMEI-nya. Untuk iPhone atau iPad, nomornya sanggup kau temukan di bab belakang perangkat. Catat nomor tersebut, kemudian buka situs resmi Kemenperin di sini. Masukan nomor IMEI tadi ke kolom pencarian kalau muncul “IMEI terdaftar di database Kemenperin”, artinya HP mu resmi.

2. Android

Selanjutnya yakni cara cek IMEI HP Android, legal atau tidak. Untuk melihat nomor IMEI pada HP Android kau sanggup membuka sajian “Pengaturan” dan pilih “Tentang Telepon”. Jika HP hanya mendukung satu kartu SIM, maka hanya akan ada satu nomor IMEI. Jika mendukung dua kartu SIM, kau akan menemukan dua nomor IMEI tercantum di sana. Seperti cara sebelumnya, kau hanya perlu masuk ke situs Kemenperin dan masukan nomor IMEI HP mu.

3. Semua HP

Cara cek IMEI HP legal atau tidak yang satu ini, sanggup kau gunakan untuk semua jenis HP. Bagaimana caranya ? caranya yakni dengan melihat nomor IMEI di kotak atau dus HP mu. Tentu, cara ini sanggup dilakukan hanya kalau kau masih menyimpan dusnya ya. Salah satu sisinya biasanya mempunyai stiker atau label yang berisi isu identitas HP, termasuk nomor IMEI-nya. Setelah itu, silahkan kunjungi situs resmi Kemenperin untuk mengecek legalitasnya.

4. Semua HP.2

Masih dengan cara cek IMEI HP legal atau tidak untuk semua HP, kali ini kita akan menggunakan sebuah instruksi dial. Yup, kalau kau sudah tidak menyimpan dus HP mu, instruksi ini sanggup kau gunakan untuk cek nomor IMEI HP mu. Ok, cara mengeceknya gampang saja, tinggal tekan * # 06 ## di HP mu. Setelah itu, nomor IMEI akan segera muncul. Dan menyerupai biasa untuk mengecek legalitasnya, kau harus memasukan nomor IMEI tersebut ke situs Kemenperin.
Baca juga:
4 Cara Mengembalikan IMEI Android yang Hilang
5 Cara Melacak HP ASUS yang Hilang
\20 HP Anti Air Tahan Banting Termurah & Terbaik

5. Periksa nomor sertifikasi Postel

Selain mengecek legalitas HP dengan nomor IMEI, kau juga sanggup menggunakan nomor sertifikasi pos dan isu (Postel) HP mu. Nomor Postel ini menyatakan bahwa HP telah lulus melalui serangkaian tes dan sebagai penanda bahwa HP tersebut legal. Nomor akta Postel biasanya ada di sisi kotak ponsel yang juga berisi nomor IMEI. Format angkanya yakni “nomor akta / SDPPI / tahun pembuatan”. Lalu kau harus ketikkan nomor itu di sini.

Gengs, itulah kelima cara cek IMEI HP legal atau tidak. Kami harap HP yang kau gunakan kini itu merupakan produk legal ya gengs, alasannya kalau tidak HP kau akan segera diblokir. Yup, pemerintah akan menciptakan HP yang ilegal jadi tidak sanggup menangkap sinyal. Bukan hanya HP dari black market saja, tetapi HP curian juga akan diblokir gengs. Lebih baik membeli barang dari yang resmi, meski produk BM itu lebih murah, tapi saat ada dilema menyerupai ini, tidak ada yang akan bertanggung jawab yakan. Peace !