4 Cara Mengatasi Layar Android Bergaris Warna-Warni

GreenSkid Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Bergaris Warna Warni tidak sesulit yang kau pikirkan sebab dapat merepkan solusi yang akan saya jelaskan ini. Touch screen pada smartphone Android berfungsi untuk menawarkan perintah pada sistem perihal acara apa yang akan kita lakukan. Mulai dari melaksanakan navigasi, bermain game, mengetik dan lain sebagainya. Meski demikian, peranannya tak terlepas dari 3 fungsi tombol utama yaitu Home, Back, dan Recent Apps.

Namun terkadang ada saja hambatan yang mengakibatkan kita tidak nyaman dikala memakai layar sentuh ini. Salah satunya ialah dengan munculnya garis-garis pada layar hp Android yang berwarna-warni. Layar smartphone Android yang bergaris ini, dapat nampak secara vertikal maupun horizontal sehingga tak jarang menciptakan kita merasa khawatir akan terjadinya kerusakan. Nah pada artikel ini, saya akan membahas cara mengatasi layar Android bergaris semoga hilang dan tampilan smartphone Anda kemabali normal.

Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Bergaris Warna Warni 4 Cara Mengatasi Layar Android Bergaris Warna-Warni

Penyebab Layar Android Bergaris Warna Warni

Layar hp bergaris dan goyang dikala digunakan, dapat terjadi pada smartphone low-end sampai high-end. Tak terkecuali garis ini muncul pada layar ibarat samsung galaxy, xiaomi, oppo, asus zenfone, lenovo, LG, vivo sampai pada iphone sekalipun. Khusus untuk smartphone yang berbasis Android OS, saya kira permasalahnnya akan muncul jikalau Anda telah melaksanakan root, tidak sengaja masuk ke settings yang tidak Anda ketahui fungsinya sampai gres saja memasang custom ROM yang tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone Anda.

Cara Mengatasi Layar HP Android Bergaris Warna Warni

Namun tidak menutup kemungkinan pula penyebab lain dapat menimbulkan layar Android bergaris dan berwarna ibarat merah, biru, kuning sampai putih. Solusi dan cara memperbaiki layar bergaris ini, dapat Anda terapkan jikalau memang penyebabnya ibarat yang telah saya jelaskan diatas.

1. Memperbaiki Layar Bergaris Melalui Pengaturan Developers Options.
Sedikit saya jelaskan khusus untuk pemula, fitur Developers Options tersedia di semua perangkat Android OS. Tetapi untuk menerapkan fitur ini kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

  • Tap “Settings » About Phone”.
  • Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Bergaris Warna Warni 4 Cara Mengatasi Layar Android Bergaris Warna-Warni

  • Tap “Build Number” sebanyak 7 kali dengan cepat sampai muncul dan aktif pengaturan “Developer Options”.
  • Selanjutnya masuk ke Developer Options tersebut dan gulirkan kebawah.
  • Cari sajian “Show Pointer Location” dan matikan semoga tidak tercentang.
  • Maka garis warna-warni pada layar pun akan hilang dan kembali normal.

2. Matikan dan Reboot.
Jika cara pertama tidak berhasil, matikan smartphoen Android kemudian lepaskan semua yang ada pada slot ibarat kartu SIM, Micro SD dan Baterai. Biarkan terlepas selama 15 detik kemudian pasang dan hidupkan kembali. Tujaun dari cara ini ialah untuk memuat ulang kembali sistem Android dikala reboot. Cara ini cukup ampuh jikalau penyebabnya ialah sebab terjadi konflik dikala memasang Custom ROM.
Baca juga:

3. Factory Reset.
Lakukan factory reset jikalau kedua cara diatas tidak berhasil. Tujuannya untuk mengembalikan Android ke pengaturan awal awal garis yang muncul dapat hilang. Tapi ingat, lakukan backup sebelum factory reset.

4. LCD HP Android Bergaris Akibat Terjatuh.
Waduh! Jika smartphone Anda terjatuh dari ketinggian tertentu atau menghantam benda yang keras, maka tidak menutup kemungkinan layar hp Android akan bergaris. Biasanya hal ini tidak ada kaitannya dengan error pada sistem sebab kerusakan terjadi pada perangkat kerasnya yaitu LCD. Untuk itu sebaiknya Anda membawanya ke toko daerah membeli smartphone tersebut untuk diperbaiki.

Jangan pernah membongkar sendiri smartphone tanpa panduan yang benar. Bisa-bisa nanti casing smartphone retak atau patah dikala moncoba membukanya. Lakukan saja cara mengatasi layar sentuh android bergaris warna warni ibarat diatas yang dapat Anda terapkan. Jika mempunyai pertanyaan, silahkan berkomentar.
Baca juga: