3 Cara Membuka Android Yang Lupa Dan Terkunci Pola

GreenSkid – Berhasil! Membuka HP dan Tablet Android yang terkunci pola/pattern, terblokir atau lupa dengan password PIN yang dipakai untuk lockscreen didalam Android memang akan menciptakan anda kesal. Disisi lain dengan mengunci layar Android akan menambah keamanan dari orang iseng yang ingin mencoba untuk membuka atau melihat isi dari hp atau tablet Android anda. Tetapi, disadari atau tidak hal ini justru akan menjadi satu duduk perkara jikalau ternyata ada orang yang coba membuka kunci layar secara terus menerus dan memasukkan contoh atau PIN yang salah maka secara otomatis akan di blokir.
Hal inipun pernah terjadi pada tablet Samsung yang saya gunakan. Dimana ketika itu adek saya mencoba untuk membuka tablet tersebut dengan memasukkan contoh yang salah, yang akibatnya terkunci secara permanen dengan petunjuk “Terlalu banyak percobaan pola!”. Yang akibatnya tablet tersebut tidak dapat dipakai dan hanya tampil pada halaman Homescreen untuk memasukkan akun Google yang dipakai pada tablet Samsung tersebut. Setelah saya coba memasukkan email dan kata sandi ternyata ada petunjuk lain yakni “Nama pengguna atau sandi tidak valid” padahal ketika itu alamat email dan sandi pun sudah dimasukkan secara benar.

 Membuka HP dan Tablet Android yang terkunci contoh 3 Cara Membuka Android Yang Lupa dan Terkunci Pola

Cara Membuka HP Android Yang Terkunci Password atau Lupa Pola

Untuk mengatasi duduk perkara baik itu di hp maupun tablet Android yang terkunci alasannya ialah salah memasukan password PIN atau kunci contoh secara terus menerus dapat mencoba 3 langkah berikut.

  1. Membuka Android yang terkunci alasannya ialah salah memasukkan password atau pola.
    Cara pertama ini dapat dilakukan dengan catatan ketika ini Android anda terkoneksi ke internet. Baik itu dengan jalan masuk internet dari paket data internet kartu sim maupun koneksi dengan wi-fi.
    • Tap lupa atau forgot pattern/password.
    • Masukan nama pengguna atau username dan password.
    • Terakhir tap Sign in.

  2. Cara membuka Android yang terblokir alasannya ialah gagal dan tidak dapat Sign in.
    Cara ini dilakukan bila anda tidak sedang mengaktifkan jalan masuk internet.
    • Lakukan panggilan telepon dengan memakai smartphone lain ke Android yang terkunci.
    • Jawab panggilan tersebut dan jangan menutupnya.
    • Tekan tombol home kemudian tap Setting kemudian aktifkan paket data. Tujuannya biar nanti dapat mengakses internet dan dapat sign in dengan memasukkan email dan password untuk membuka kunci.
    • Andapun dapat eksklusif melaksanakan Disable terhadap kunci contoh maupun password PIN dari Setting tersebut.

  3. Cara membuka tablet Android yang terkunci dengan Factory Reset.
    Jika kedua langkah dan cara diatas tidak berhasil, maka factory reset merupakan cara terakhir. Yang perlu anda ketahui adalah, ketika melaksanakan fitur ini maka semua data dan file yang ada didalam internal memory akan terhapus. Jika anda sudah mengaktifkan fitur backup sebelum Android tersebut terkunci, Anda tidak usah khawatir alasannya ialah data anda tersimpan dengan aman. Tetapi hanya sekedar untuk berjaga-jaga, matikan kemudian lepaskan memori eksternal (MicroSD) sebelum melakukannya. Dan perhatikan pada gambar diatas.
    • Pertama matikan tablet Android kemudian tekan tombol Power + Volume Up + Home secara bersamaan selama beberapa detik untuk masuk kedalam recovery mode.
    • Pada recovery mode pilih Wipe data/factory reset dengan cara menekan tombol volume up atau volume down.
    • Jika telah diarahkan ke Wipe data/factory reset, tekan tombol Home.
    • Terakhir arahkan ke Reboot kemudian tekan tombol Home, maka tablet atau samrtphone anda akan kembali terbuka.

Dari ketiga cara diatas untuk membuka Android yang terkunci contoh dan password PIN yang akibatnya terblokir, biasanya cara ke 3 yang sering dipakai dan selalu berhasil terhadap semua brand ibarat Samsung Galaxy, Advan, Asus Zenfone, LG, Sony Xperia, Lenovo, Oppo, maupun yang lainnya. Namun dengan melaksanakan cara tersebut maka tampilan Tablet Android anda akan kembali ke pengaturan awal.